Tutorial Mastering dengan Cepat atau instant

Tutorial Mastering dengan Cepat Dalam tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mastering audio dengan cepat... walaupun anda tidak memiliki basic, tapi akan mendapatkan hasil seperti layaknya anda seorang Sound Engineer (SE) Profesional.. Dalam dunia mastering ada beberapa hal pokok yang harus anda pelajari dan ketahui,, antara lain : 1. System Perangkat Recording 2. Membaca system spectrum analyzer. 3. mengetaui dan memahami serta menguasai beberapa FX serta fungsinya.. 4. mengetahui dan mempelajari system aksesorie pada perangkat sound system Prosecor seperti : - DSP Equalizer - DSP COMPRESSOR - DSP LOUDNESS - GATE - LIMITER - Dan lain-lain... Dalam tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mastering audio dengan cepat... walaupun anda tidak memiliki basic, tapi akan mendapatkan hasil seperti layaknya anda seorang Sound Engineer (SE) Profesional.. Dalam dunia mastering ada beberapa hal pokok yang harus anda pelajari dan ketahui,, antara lain : 1. System Perangkat Recording 2. Membaca system spectrum analyzer. 3. mengetaui dan memahami serta menguasai beberapa FX serta fungsinya.. 4. mengetahui dan mempelajari system aksesorie pada perangkat sound system Prosecor seperti : - DSP Equalizer - DSP COMPRESSOR - DSP LOUDNESS - GATE - LIMITER - Dan lain-lain... tapi dalam penulisan ini.. kalian tidak perlu memahami dan mempelajarinya lebih dalam, karena tulisan saya ini sangat bersifat instant, mengapa saya bilang instant ???... alasannya karena kkita menggunakan software yang dimana kita dapat mengambil sampler mastering dari seorang sound engineer dunia tanpa harus menemuinya... trus bagaimana caranya ????? Siapkan alat yang di perlukan : 1. Komputer / Laptop dengan OS wINDOWS xP spect yang di perlukan : - hardisk minimal 350 - Ram minimal 2Gb tanpa sharing VGA - Soundcard External, minimal soundcard onboard juga boleh asalkan terpaksa :D - Software Audio Mastering System... - Software DAW untuk compresi data menjadi wave audio format dengan resolusi 16 bit 2. Langkah-langkah yang harus di lakukan ambil sample audio high quality yang anda punya misalkan dengan format mp3, maka anda harus merubahnya dulu dengan software DAW seperti nuendo, dan jadikan menjadi wave dengan out yang stereo dan 16 bit selanjutnya buka Software AUTO AUDIO MASTERING SUITE SYSTEM... lihat pada gambar berikut sebagai contoh :
3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan sample lagu tadi yang akan kita jadikan referensi untuk matering lagu... biar kelihatan apa aja nih gambarnya saya berikan
Selanjutnya klik ANALYZED AUDIO AND LOAD SOURCE yang ada tepat di tengah aplikasi AAMSnya.. tunggu beberapa saat hingga selesai.. sebagai catatan jangan gunakan AAMS nya untuk menggunakan fitur yang ada disana ( dalam kata lain jangan ngeklik menu yang lain yang membuat prosess pengambilan data terhambat ).. Setelah selesai melakukan analyzed audio, anda simpan filenya ke folder yang telah anda buat.. atau langsung di system aams yang di program file / source.. Formatnya nanti yang akan keluar menjadi AAM.... 4. langkah selanjutnya memasukkan file yang akan di mastering langkahnya klik master pada AAMS.. selanjutnya pilih master single. dan klik auto audio master single file... nanti akan ke buka jendela baru seperti ini :
dan klik di drive dan folder mana data audio wave yang 16 bit tadi di simpan... selanjutnya akan terbuka jendela baru lagi, dimana anda di kasih pilihan untuk referensi mastering.. pilih di drive dan folder mana file AAM yang pertama kali anda buat kemudian klik open... seperti pada gambar berikut :
5. Langkah selanjutnya adalah menunggu prosess hingga selesai.. dan lihat hasilnya... anda dapat juga melihat system data referensinya berupa data word.. dimana terdapat banyak nilai untuk.. DSP EQUALIZER, COMPRESSOR dan lainnya... sumber: FERRY SIREGAR http://www.ferrysiregar.com

0 komentar: