Cara Mengatasi Nuked Pada BlackBerry

Nuked Atau Bricked Atau Mati Suri Pada Sebuah BlackBerry Adalah Keadaan Dimana Perangkat Booting, Mati Lagi, LED Menyala, Booting Lagi & Terus Berulang Serta Tidak Berhasil Menjalankan OS. Paling Tidak Itu Yang Saya Alami. Penyebabnya Adalah… Saya Tidak Tahu. Saat Itu Blackberry Sedang Dalam Kondisi Charging 95%, Saya Buka BlackBerry Messenger (BBM) kemudian Hang Begitu Saja. Sempat Juga Menyangka Penyebab Nuked Tiba-Tiba Ini Adalah Penggunaan Leaked OS 5.0.0.348 Untuk Gemini. Yah Namanya Juga Leaked OS Kan….???

Saya Coba Copot Baterai, Diamkan Sejenak Lalu Pasang Lagi Ternyata Hasilnya Sama Saja. Saya Ulangi Kembali Sambil Juga Mencopot Memory & SIM Card Namun Tetap Tidak Berhasil. Sampai Disitu Baru Saya Ambil Kesimpulan Bahwa GenTa (Gemini Sang Taurus, Panggilan Manja BlackBerry Saya) Mati Suri. Cara Untuk Mengatasinya Sebagai Berikut: Software Yang Diperlukan : - BlackBerry Desktop Manager (Saya Menggunakan DM versi 5.0.1) - OS Yang Ingin Diinstal Di BlackBerry Langkah – Langkahnya : - Don’t Panik Alias Nyantai Saja - Instal OS Dikomputer Kemudian Restart Komputer - Setelah Restart, Hapus File Vendor.xml Difolder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader - Lepas Baterai BlackBerry - Sambungkan Kabel USB Kekomputer & Belum Terhubung Ke BlackBerry - Jalankan Loader.exe Yang Ada Didalam Folder AppLoader, Seperti Vendor.xml Yang Tadi Dihapus - Akan Muncul Tampilan Seperti Gambar 1, Klik Next Gambar 1 Pada Gambar 2 BlackBerry Belum Terhubung Di Box Connection Terlihat Kosong Gambar 2 Colokkan Kabel USB Ke BlackBerry, Saat Sudah Terdeteksi Dan Muncul Tulisan USB-PIN: UNKNOWN Segera Klik Tombol Next (Gambar 3) & Pasang Baterai Kembali. Bila Gagal Artinya handheld Sudah Terdeteksi & Tidak Bisa Melanjutkan Instalasi OS. Ulangi Langkah Ini Gambar 3 - Kemudian Akan Muncul Menu Berikutnya, Gunakan Pilihan Yang Bawah (Replace the device’s applications with the older version provided by the BlackBerry Desktop Software), Klik Next Gambar 4 - Jalani Proses Instalasi OS Seperti Biasa - Harusnya BlackBerry Sudah Bisa Booting & Normal Kembali Secara Umum Harusya Solusi Diatas Sama Saja Bila Menggunakan DM Versi Berapapun Atau handheld BlackBerry Jenis Apapun. Kebetulan Karena Saya Cuma Punya BlackBerry Curve 8520 Jadi Ya iIu Saja Yang Kebetulan Saya Alami & Contohkan Disini Untuk Mengatasi Penyakit Nuked Ini. Versi OS Akhirnya Saya Putuskan Untuk downgrade Ke Versi OS 5.0.0.238, Sama-sama Leaked OS Sih.. Tapi Sepertinya Versi 238 Lebih Stabil & GenTa Ku Normal Kembali

0 komentar: